11 Rahasia Terbaik untuk desain situs web e-commerce yang luar biasa
Senin, 29 Oktober 2018
Tulis Komentar
Hari-hari ini, kami melakukan segala hal secara online — dan
itu termasuk berbelanja. Itulah mengapa tidak pernah ada waktu yang lebih baik
untuk berada di e-niaga.
Tips dan ide desain situs web ecommerce
Di tahun 2018, jika Anda menjual apa pun — baik itu sepatu
olahraga, saus salad, atau sesuatu di antaranya — Anda perlu naik kereta api
situs web e-niaga. Situs e-niaga menawarkan Anda kesempatan untuk membangun
merek Anda, terhubung dengan lebih banyak pelanggan, dan menjual lebih banyak
produk — tetapi hanya jika Anda memiliki desain situs web yang tepat.
Desain web sangat penting ketika membangun situs web
e-commerce. Tidak hanya situs Anda harus terlihat bagus dan merasa pada-merek,
tetapi juga perlu mendorong pengunjung situs web Anda untuk mengambil tindakan
dan, Anda tahu ... membeli produk Anda. Tapi bagaimana tepatnya Anda
melakukannya? Bagaimana Anda merancang jenis situs e-niaga yang akan memiliki
produk yang terbang dari rak virtual Anda?
Berikut adalah tips desain situs web e-commerce kami untuk
membantu Anda membawa desain Anda ke level berikutnya (dan menjual sejumlah
produk yang gila dalam prosesnya):
1. KISS (Keep it simple, konyol!)
Salah satu aturan utama yang harus Anda ingat selama proses
desain e-commerce? KISS — membuatnya sederhana, konyol!
Ketika datang untuk merancang situs web e-commerce,
sederhana selalu lebih baik. Semakin banyak elemen yang Anda miliki di halaman
(Warna! Iklan Banner! SEMUA POP-UPS!), Semakin banyak yang dibutuhkan dari
seluruh titik situs web — menutup penjualan.
Anda tidak perlu banyak lonceng dan peluit di situs web
e-niaga Anda — semua yang mereka lakukan adalah bertindak sebagai pengalih perhatian.
Buat desain Anda tetap jelas, bersih, dan sederhana — dan tetap fokus pada
penjualan.
2. Jadikan branding sebagai prioritas
Ketika datang untuk berbelanja online, orang ingin membeli
dari merek mapan — bukan situs e-niaga yang tampak seperti depan untuk mencoba
mencuri informasi kartu kredit Anda.
Jika Anda ingin membangun kepercayaan yang Anda butuhkan
untuk mendorong penjualan yang serius dengan bisnis e-niaga Anda, Anda perlu
menaruh beberapa pemikiran serius ke dalam branding Anda. Pencitraan merek Anda
seperti DNA dari bisnis e-niaga Anda; siapa Anda sebagai perusahaan, apa yang
Anda tentang, dan bagaimana Anda berbeda dari pesaing Anda — dan itu memainkan
peran besar dalam membangun koneksi dengan audiens Anda dan mendorong
penjualan.
Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari desain e-commerce
Anda, luangkan waktu untuk menentukan merek Anda — dan kemudian masukkan
branding itu ke dalam desain Anda. Jika Anda tidak yakin siapa Anda sebagai
merek, tidak apa-apa! Anda hanya ingin melakukan pencarian bisnis kecil sebelum
Anda mulai mendesain. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri seperti:
Jika merek saya adalah seseorang, siapakah itu?
Jika saya harus menggambarkan merek saya dalam tiga kata,
apa yang akan mereka lakukan?
Apa yang membuat merek saya berbeda dari toko ecommerce lain
di luar sana?
Apa yang kami lakukan lebih baik daripada orang lain di
pasar?
Setelah Anda tahu siapa Anda, Anda dapat membuatnya menjadi
branding situs e-niaga Anda. Dan branding itu? Ini akan membantu membangun
kepercayaan dengan pemirsa Anda — dan mendorong penjualan yang serius dalam
prosesnya.
3. Berpikir seperti pengunjung situs web
Desain halaman web oleh boryszbn
Jika Anda ingin desain situs web e-commerce Anda untuk
terhubung dengan audiens Anda, Anda perlu berpikir seperti audiens Anda. Pada
akhirnya, hanya ada beberapa hal yang diinginkan calon pelanggan Anda dalam
pengalaman e-niaga — situs yang mudah dinavigasi, dirancang dengan baik, dan
membuat proses belanja menjadi mudah, lugas, dan tanpa kerumitan.
Dan jika Anda ingin toko ecommerce Anda berhasil, Anda
sebaiknya memberi mereka hal-hal itu.
Selama proses desain, tempatkan diri Anda di sepatu
pengunjung. Tata letak seperti apa yang paling mudah bagi mereka untuk
dinavigasi? Bagaimana Anda bisa mengatur produk Anda dengan cara yang masuk
akal untuk pengguna akhir? Bagaimana Anda dapat menyederhanakan proses
checkout?
Ketika Anda berpikir seperti pelanggan Anda, Anda dapat
mengantisipasi apa yang mereka inginkan dari toko ecommerce Anda — dan kemudian
mendesain situs Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
4. Gunakan warna untuk keuntungan Anda
Memilih warna untuk situs e-commerce Anda lebih dari sekadar
mengatakan "Yah, merah adalah warna favorit saya, jadi ... mari buat
semuanya merah!" Warna adalah alat yang sangat kuat — dan jika Anda
memahami psikologi di balik warna, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan
Anda (dan mendorong penjualan yang serius dalam prosesnya).
Warna yang berbeda dapat menginspirasi berbagai perasaan,
emosi, dan tindakan dari orang-orang — jadi, jika Anda ingin situs e-niaga Anda
berkonversi, Anda perlu menggunakan inspirasi warna tersebut untuk keuntungan
Anda.
Jadi, misalnya, jika Anda ingin orang melakukan pembelian,
buat tombol pembelian menonjol dengan warna cerah seperti merah. Menurut
psikologi warna, warna merah mengilhami perasaan kegembiraan dan gairah, yang
menjadi faktor pendorong di balik pengeluaran — dan penelitian menunjukkan
bahwa membuat tombol merah dapat meningkatkan konversi dengan kekalahan 34%.
Atau, jika Anda ingin meningkatkan kredibilitas Anda, sertakan
biru ke dalam desain web Anda. Blue bukan hanya warna yang dicintai secara
universal, tetapi juga telah terbukti meningkatkan perasaan percaya, membuatnya
menjadi hal yang penting dalam dunia bisnis (ada alasan warna biru muncul di
lebih dari separuh dari semua logo).
Intinya adalah, warna adalah salah satu alat paling kuat di
kotak peralatan desain Anda — dan jika Anda tahu cara menggunakannya, itu dapat
memiliki dampak besar pada desain e-niaga Anda.
5. Gunakan banyak gambar berkualitas tinggi
Dalam dunia desain web, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa
gambar meningkatkan konversi (misalnya, satu studi kasus baru-baru ini
menunjukkan bahwa menggabungkan gambar yang lebih relevan ke dalam desain situs
web meningkatkan konversi lebih dari 40%). Dan itu bahkan lebih benar ketika
menyangkut ecommerce.
Tidak ada yang akan membeli produk yang tidak terlihat. Jika
Anda ingin orang-orang membeli produk Anda, Anda perlu menunjukkan kepada
mereka apa yang mereka beli melalui gambar produk berkualitas tinggi.
Mendapatkan citra profesional dari semua produk Anda (dan
memiliki gambar produk Anda dari berbagai sudut pandang) berjalan sangat jauh
dalam membangun kepercayaan dan kepercayaan pada pelanggan Anda. Jika mereka
merasa yakin bahwa mereka tahu apa yang mereka beli, mereka lebih mungkin
melakukan pembelian. Tetapi jika tidak ada gambar dari produk yang ingin mereka
beli (atau hanya satu gambar berkualitas rendah), mereka akan merasa lebih
ragu-ragu untuk melakukan pembelian — dan konversi Anda akan meningkat sebagai
hasilnya.
Bantulah diri Anda dan miliki banyak gambar berkualitas
tinggi dari apa pun yang Anda jual di situs e-niaga Anda. Konversi Anda akan
berterima kasih.
6. Buat konten Anda bisa dipindai
Anda dapat menghabiskan hari dengan menyusun uraian panjang
untuk produk di situs e-niaga Anda, tetapi kami punya kabar untuk Anda — tidak
ada yang akan membacanya.
Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung situs
web hanya membaca sekitar 20% dari teks pada halaman web tertentu. Daripada
membaca konten kata per kata, mereka hanya memindai teks mencari informasi
kunci — jadi, jika Anda ingin menyampaikan maksud Anda (dan mendorong penjualan
dalam prosesnya), Anda perlu membuat konten Anda dapat dipindai.
Putuskan konten Anda — apakah itu deskripsi produk, pos
blog, atau laman “tentang kami” — menjadi format yang mudah dipindai. Jaga
kalimat dan paragraf pendek, gunakan huruf tebal untuk menarik perhatian ke
informasi penting, dan gunakan daftar berpoin untuk memecah blok teks besar.
Semakin mudah untuk memindai konten Anda, semakin besar
kemungkinan audiens Anda akan menyerap pesan kunci Anda — dan semakin besar
kemungkinan Anda akan dapat melakukan penjualan.
7. Jadikan itu terlihat profesional
Dasar dari situs e-commerce adalah bahwa Anda meminta
pengunjung situs web Anda untuk membeli sesuatu dari Anda. Dan, sebagai
hasilnya, Anda meminta mereka untuk menyerahkan informasi sensitif, seperti
informasi kartu kredit mereka. Yang mana mereka tidak akan merasa nyaman
melakukannya jika situs web Anda tidak terlihat profesh.
Berinvestasi dalam situs web profesional adalah suatu
keharusan jika Anda ingin membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda — dan
mengembangkan kepercayaan itu adalah suatu keharusan jika Anda ingin toko
ecommerce Anda sukses.
Apa yang kami maksud dengan profesional? Situs web Anda
tidak boleh memiliki kesalahan ketik atau salah eja. Font, palet warna, dan
desain footer Anda harus konsisten dari halaman ke halaman. Semua tautan dan
tombol produk Anda seharusnya berfungsi. Foto Anda seharusnya tidak terlihat
seperti Anda mengambilnya di iPhone lama 5 dan desain situs Anda secara
keseluruhan seharusnya tidak terlihat seperti Anda menggeseknya dari Geocities
sekitar tahun 1997.
Intinya adalah, jika Anda ingin pelanggan Anda menganggap
Anda serius, Anda perlu menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menganggap diri
Anda serius — dan satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan desain web
profesional.
8. Gunakan bukti sosial
Cara lain untuk membangun kepercayaan yang sangat penting itu?
Bukti sosial.
Saat merancang situs e-niaga Anda, carilah cara untuk
menunjukkan kepada pelanggan potensial Anda umpan balik positif yang Anda
peroleh dari pelanggan yang ada. Tambahkan bagian peringkat tempat orang-orang
dapat menilai produk Anda (lalu dapatkan sebanyak 5 ulasan bintang yang Anda
bisa). Tambahkan bagian testimonial di mana Anda menampilkan foto pelanggan
dengan satu atau dua kutipan tentang apa pengalaman hebat yang mereka kerjakan
bersama Anda. Minta pelanggan untuk meninjau produk Anda — dan apa yang mereka
sukai dari mereka — dan kemudian tambahkan ke blog Anda.
Semakin banyak pengunjung situs web Anda melihat bahwa orang
lain telah memiliki pengalaman positif berbelanja di situs Anda (apakah itu
melalui ulasan atau testimonial), semakin dapat dipercaya Anda akan muncul —
dan semakin banyak konversi Anda akan naik sebagai hasilnya.
9. Buat kategori produk mudah dinavigasi
Tidak ada — dan tidak ada artinya — akan membunuh penjualan
lebih cepat daripada halaman produk yang kikuk. Jika pengunjung situs web Anda
harus mengeklik sekitar sepuluh menu berbeda sebelum menemukan produk yang
mereka cari, mereka akan bergegas keluar dari sana dengan cepat — dan mengeklik
jalan mereka langsung ke situs pesaing.
Buat kategori produk dan halaman produk Anda mudah
dinavigasi. Permudah pelanggan Anda untuk mencari produk dan memfilter produk
berdasarkan hal-hal seperti warna, ukuran, atau jenis produk. Semakin mudah
Anda membuat kategori dan laman untuk dinavigasi, semakin mudah bagi pelanggan
Anda untuk menemukan apa yang mereka cari — dan semakin mudah bagi mereka untuk
melakukan pembelian.
10. Lakukan checkout dengan mudah
Ingat bagaimana kami mengatakan tidak ada yang membunuh
penjualan lebih cepat daripada halaman produk yang kikuk? Nah, kaskus yang
kadaluwarsa pasti sudah dekat.
Jika proses pembayaran Anda sangat mengganggu Anda, Anda
akan kehilangan pelanggan. Jika Anda ingin orang membeli dari Anda, Anda perlu
melakukan proses pembelian sesederhana, lugas, dan bebas rasa sakit sebisa mungkin.
Buat desain halaman pembayaran Anda bersih, sederhana, dan
mudah dinavigasi. Berikan pelanggan Anda pilihan untuk mendaftar ke situs Anda
atau untuk check out sebagai tamu. Buat segalanya tentang prosesnya dengan
jelas: informasi apa yang Anda butuhkan untuk memproses pembelian (dan di mana
mereka perlu memasukkannya), pilihan pengiriman yang berbeda tersedia (dan
berapa biayanya), dan apa yang harus dilakukan jika ada masalah dengan memesan
atau mereka perlu melakukan pengembalian. Setelah pembelian selesai, arahkan
pelanggan Anda ke halaman konfirmasi sehingga mereka tahu semuanya berjalan.
Singkatnya, jika Anda ingin orang membeli dari Anda, lakukan
proses checkout semudah mungkin.
11. Jadikan responsif
Desain halaman web oleh Mike Barnes
Ini resmi — seluler telah melampaui desktop sebagai cara
paling populer untuk menjelajahi interweb ... Dan itu termasuk belanja.
Kami akan membuat ini singkat — jika Anda ingin menangkap
pelanggan yang ingin berbelanja di ponsel atau tablet mereka, Anda perlu
memastikan desain situs web Anda sepenuhnya responsif. Jika tidak, Anda mungkin
tidak meyakinkan pengunjung seluler yang berharga itu bahwa situs Anda adalah
tempat mereka ingin melakukan pembelian.
Membungkus segalanya
Merancang situs web e-niaga dapat menjadi hal yang rumit —
tetapi sekarang setelah Anda mengetahui kiat desain web teratas untuk e-niaga,
Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk mendesain situs yang tidak hanya
terlihat luar biasa, tetapi juga mengubah seperti orang gila.
Jadi apa yang kamu tunggu? Gunakan tips ini untuk memberikan
perbaikan toko online Anda yang layak.
Source : https://99designs.com/blog/web-digital/ecommerce-website-design-tips/
Belum ada Komentar untuk "11 Rahasia Terbaik untuk desain situs web e-commerce yang luar biasa"
Posting Komentar