Inspirasi Desain by Eko Prasetyo



Disini saya hanya berniat untuk memberikan motivasi kepada publik, anggota udc atau mungkin hanya sebagian orang, semoga tidak menimbulkan salah paham, tetapi sebenarnya saya khususkan untuk para desainer pemula di Indonesia, untuk para senior, $1800 dalam sebulan itu mungkin udah biasa, tak ada yang perlu di banggakan, tapi sekali lagi saya tegaskan, bahwa ini hanya untuk memotivasi desainer pemula di Indonesia.

Ok, langsung ke intinya saja, untuk menghasilkan banyak Dollar dengan berprofesi sebagai designer tentu tidak mudah, tetapi saya telah mencoba memberikan segala cara supaya temen2 semua paham cara kerja saya untuk bisa menghasilkannya, beberapa langkah utama yang saya lakukan untuk merubah menjadi lebih baik adalah:

1. Gunakan Adobe Illustrator (Lisensi Resmi)
2. Kuasai Semua Teknik Pembuatan Desain.
3. Kuasai Semua Teknik Sket
4. Kenali Kategori Desain
5. Target Kuantitas - 100 perminggu
6. Target Kualitas - 10 perminggu
7. Upload, Fokus, Maksimalkan.
8. Lakukan Selama 5 Bulan - 2 Tahun
------------------------------------------------------------

Kita akan bahas satu persatu cara sukses bisnis desain berdasar pengalaman pribadi saya, saya tidak berniat menggurui atau apa, semua orang pasti punya teknik dan pengalaman sendiri2 yang pasti tak kalah uniknya. Temen2 senior bisa menambahkan atau mengurangi ilmu dari pengalaman yang saya bagi ini supaya, para pemula bisa sukses dengan cara yang sehat.

1. Gunakan Adobe Illustrator
------------------------------------------------------------
Hati kecil kamu akan terasa nyaman ketika menggunakan aplikasi dengan lisensi resmi, kamu g akan pusing mikirin halal haram. Dan lisensi Adobe Illustrator CS6 lebih nyaman karena tidak harus bayar tiap bulan atau tahun.
Tahun depan saya akan membuka dan menerima pembelian Lisensi Resmi Adobe Illustrator CS6 dan kabar baiknya, komisi yang saya dapatkan akan saya berikan kepada pembeli sebagai dukungan saya pribadi untuk Anda karena mau menggunakan Ai Lisensi Resmi. Tujuan utama saya adalah membantu para desainer Indonesia supaya terhindar dari hal2 negatif karena menggunakan Aplikasi Bajakan, tapi sebelumnya saya minta maaf, jika sebagian orang mungkin tersinggung dengan hal ini.

Saya dulu awalnya juga sama seperti pada umumnya orang sekitar kita, bahwa Aplikasi bisa kita instal dengan mengisi beberapa angka yang kemudian bisa langsung kita gunakan. Saya dulu seperti itu, belum begitu paham tentang pembelian Aplikasi, waktu terus berjalan dan akhirnya saya sangat paham.

Jadi tanamkanlah dalam hati kecilmu bahwa kamu harus membeli Lisensi Adobe Illustrator, tidak harus beli ditempat saya, Anda bisa beli dimana saja, tapi usahakan untuk membelinya. Jangan lupa juga untuk membeli Os Windows nya jika masih bajakan, pengguna Os Mac beruntung karena gratis.

Sebenarnya sangat berat mengatakan hal ini karena akan banyak diantara pembaca yang akan tersinggung dan menjadi beban mental karena menggunakan Ai crak, tapi saya harus menyampaikan hal ini, karena saat ini saya adalah "Pemimpin" dari semua anggota UDC, tapi pemimpin dalam tanda kutip ya, jangan diartikan yang paling berkuasa, pinter dll. Saya hanya takut dengan pertanggung jawabannya nanti jika saya tidak mengatakan kebenaran ini, karena, jika kita ingin memproduksi desain dan ingin menjualnya supaya bisa mendapatkan Dollar, sebenarnya kita itu harus membeli aplikasi Adobe Illustrator yang kita gunakan secara resmi. Bayangin aja kalo desain poster kamu seharga 4jt digunakan orang lain, kamu mungkin akan berkata, "wah.. desain posterku di curi", si pemakai desain harusnya beli dulu baru bisa punya hak untuk menjualnya atau di gunakan sendiri.

2. Kuasai Semua Teknik Pembuatan Desain.
------------------------------------------------------------
Ide Anda akan terdigitalkan secara maksimal jika Anda menguasai semua teknik pembuatan desain di Adobe Illustrator. Anda juga akan lebih cepat memproduksi desain dalam skala besar untuk keperluan Microstock.

Selama proses belajar penguasaan ini, Anda secara tidak langsung akan menemukan seperti apa desain yang akan Anda kuasai dan akan mampu menemukan desain dengan gaya baru, meskipun tentu ini akan memerlukan waktu.

Tips: belajar membuat desain yang sudah jadi.

3. Kuasai Semua Teknik Sket
------------------------------------------------------------
Setelah menguasai semua pembuatan desain di Adobe Illustrator, kuasailah beberapa teknik sket yang saya ajarkan dan carilah ilmu tambahan untuk melengkapinya, Anda akan dengan mudah membayangkan hasil jadinya meskipun itu hanya sebuah sket. Ketika masuk proses pembuatan vectornya, Anda juga akan merasakan bahwa ini akan sangat mudah dan cepat.

Keuntungan lain membuat desain dengan sket atau menggambar dengan tangan yaitu, desain kamu tidak akan sama dengan desain milik orang lain dan Anda juga akan punya bukti yang nyata bahwa kamu telah membuat konsep desain yang kamu buat. Tetapi beda ceritanya jika Anda hanya sket ulang logo yang udah jadi kemudian menjualnya.

4. Kenali Kategori Desain
------------------------------------------------------------
Kumpulkan dari berbagai sumber untuk mengenali semua kategori desain, ini akan berfungsi untuk memusatkan pembuatan ide pada salah satu kategori, yang akan mampu menghasilkan desain menjadi lebih maksimal, pada umumnya disebut desain berada di jalur yang benar. Untuk microstock, teknik ini akan berfungsi mempermudah kita dalam memberikan Judul dan Keyword nya. Kamu akan kebinguan memberikan Judul ketika desain kamu tidak berada pada kategori umum, waktu akan terbuang sia-sia hanya untuk memikirkan judul desain.

Keuntungan utamanya yaitu, kita akan bisa fokus pada pemikiran pembuatan ide konsep pada satu kategori, pencarian ide tidak akan terpecah pada kategori lain, jadi otak kita akan bekerja lebih ringan dibandingkan dengan memikirkan 5 kategori untuk pembuatan satu desain. Kita hanya butuh satu kategori dan pikirkan konsepnya.

5. Target Kuantitas - 100/minggu
------------------------------------------------------------




Untuk memaksimalkan search engine di Microstock, kita harus mempunyai semua kategori yang dimiliki market, atau fokus di satu kategori dan maksimalkan kecepatan memproduksinya untuk menghasilkan desain sebanyak mungkin, tidak perlu bagus, tapi usahakan memproduksi desain yang layak jual. Sebagai contoh milik saya pribadi, saya banyak sekali membuat desain berbasis Huruf (A to Z), tetapi dalam finishingnya benar2 saya maksimalkan. Ini adalah contoh memproduksi dengan cepat karena konsep Huruf akan sangat mudah dibuat, kita tinggal mengolahnya dengan teknik2 yang saya ajarkan. Atau yang suka membuat desain poster misalnya, buatlah desain poster sebanyak2nya, sampai kamu tidak menemukan ide lagi untuk membuatnya, kuras habis semua idemu sampai akar2na, he..

6. Target Kualitas - 10/minggu
------------------------------------------------------------
Dan untuk mengimbangi konsep huruf diatas, kita buat beberapa desain yang exclusive, yaitu desain yang hanya satu versi, tidak ada versi2 lain dengan konsep dan finishing yang sama, buat desain yang berbeda untuk 1 - 10 desain.

7. Upload, Fokus, Maksimalkan!.
------------------------------------------------------------
Fokus adalah kunci utama, jangan mikir earning dll dulu yak. yang penting fokus upload dengan maksimal dan berkelanjutan.

8. Lakukan Selama 5 - 10 Bulan atau bahkan sampai 2 Tahun.
------------------------------------------------------------
Kenapa dua tahun, karena dalam waktu dua tahun itu saya baru merasakan hasil yang begitu nyata dari Microstock. Kamu akan jenuh, kamu akan stress, kamu akan linglung, kamu akan lupa tidur, kamu akan kehabisan uang, kamu akan mikir terus, nah itulah beberapa penyakit yang akan terjadi di tahun pertama dan kedua. Kemudian untuk tahun2 berikutnya, kamu akan merasakan hasil dari perjuangan itu. Tapi perlu di ingat, setelah kamu dapet semua, jagan lupa kepada yang Maha Pemberi, Anda harus tetap berbagi pada sesama dan perbanyaklah berbagi.

Eko - udclabs

Belum ada Komentar untuk "Inspirasi Desain by Eko Prasetyo"

Posting Komentar

Iklan